Kegiatan SmartTren Ramadan 2024


Hi sobat kreatif!


     Kalian tahu ngga sih? Pada 14 Maret-02 April 2024, seluruh siswa/i kelas X dan XI SMK Negeri 1 Kedawung telah melaksanakan seluruh kegiatan Smart Tren Ramadan. Kegiatan Smart Tren pada bulan Ramadan sendiri telah menjadi kegiatan rutin yang diadakan pada setiap tahunnya di SMK Negeri 1 Kedawung. Adapun tema yang dibawakan pada tahun ini, yaitu "Melalui Smart Tren Kita Persiapkan Generasi Terdidik dan Terbaik". Pembukaan kegiatan Smart Tren dilaksanakan di Gedung Serba Guna Dewi Sartika.

     


     Bulan Ramadan adalah bulan yang dikenal sebagai bulan kesederhanaan. Bulan yang baik untuk bermurah hati dengan memberi dan bersedekah. Melalui Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, telah menetapkan bahwa 2024 merupakan Bulan Ramadan ke‐1445.

     


     Nah sobat, setelah melalui pembukaan pada tanggal 14‐15 Maret 2024. Tentunya terdapat banyak kegiatan yang dilakukan oleh siswa/i diantaranya, yaitu:

     

•Tarhib Ramadan

•Kajian Islam Di Sekolah (KIDS)

•Infaq Masal Aktualisasi Masagi (IMAM) / Rantang Berbagi

•Wakaf Al‐Quran, dan

•Buka Puasa Bersama



    Pengertian Smart Tren adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan pada bulan Ramadan, dalam rangka meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia di kalangan siswa SMA, SMK, dan SLB. Serta, menumbuhkan sikap dan nilai-nilai luhur kepesantrenan di lingkungan sekolah dengan tujuan membentuk generasi beriman dan bertakwa ditandai dengan kecerdasan sikap, pengetahuan, keterampilan.

    

   Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan amaliah di bulan Ramadan yang dilaksanakan secara terencana sesuai situasi, kondisi, dan potensi masing-masing sesuai pendidikan.

   


     Dari tujuan di atas, kita bisa mendapatkan berbagai manfaat dari kegiatan Smart Tren loh, sobat. Seperti mengenal lebih dalam tentang sejarah Islam, menambah pengetahuan akan ajaran agama Islam, juga sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

     


     Nah sobat, kegiatan yang telah dilakukan oleh seluruh siswa/i merupakan kegiatan yang sangat mulia, salah satunya yaitu "Rantang Berbagi". Rantang Berbagi merupakan kegiatan berbagi di bulan suci Ramadan, dan kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh siswa/i SMK Negeri 1 Kedawung. Adapun yang dibagikan yaitu beras, biskuit/wafer, dan mie instan. Rantang Berbagi dikumpulkan dan dibagikan kembali kepada siswa/i yang berhak mendapatkannya. 

          


    Hingga akhirnya, pada tanggal 2 April 2024 Smart Tren mengadakan kegiatan acara Buka Puasa Bersama atau juga yang biasa disebut dengan "Bukber" sembari menyaksikan tampilan hadroh dan mendengarkan ceramah yang dilaksanakan di lapangan basket. Kegiatan ini menjadi kegiatan terakhir di Smart Tren Ramadan sekaligus penutupan Smart Tren yang dihadiri oleh para bapak/ibu guru dan seluruh siswa/i SMK Negeri 1 Kedawung. 



    Beberapa pesan yang dapat kita ambil dari kegiatan Smart Tren yaitu, mengajak kita untuk lebih baik lagi dalam menjalankan ibadah, kemudian harus lebih disiplin dalam menjalankan perintah Allah SWT dan meninggalkan segala larangan-Nya, karena dalam bulan Ramadan kita harus memanfaatkan semaksimal mungkin untuk beribadah.

    


    Kegiatan demi kegiatan telah dilakukan oleh seluruh siswa/i SMK Negeri 1 Kedawung. Semoga kita dapat bertemu kembali di bulan suci Ramadan pada tahun berikutnya dan semoga Allah selalu menerima segala amalan kita, mengampuni dosa, dan menjadikan kita hamba yang bertakwa.




By Divisi Bahasa Gen 11

Komentar

Anonim mengatakan…
Pasti seru banget bukber nya!!!
Anonim mengatakan…
Semoga tahun depan diadakan bukber lagi ya
Anonim mengatakan…
Lebih sering up dong min

Postingan populer dari blog ini

NADRAN TRADISI CIREBON

Kegiatan In House Training (IHT)

Porseni 2022