Review Buku A+


Tentang Novel A+

Identitas buku:

Judul: A+

Penulis: Ananda Putri

Penerbit: Loveable X Romancious

Tahun Terbit: 2021

Jumlah Halaman: 396 halaman




Blurb

Gara-gara peringkat try out-nya tembus ke nomor satu, Kalypso Dirgantari harus berhadapan dengan pemegang takhta empat besar di SMA Bina Indonesia. Re Dirgantara, Kenan Aditya, Adinda Aletheia. dan Aurora Calista. Punya motivasi masing-masing, kelimanya bersaing sengit memperebutkan peringkat paralel. Setidaknya sampai rahasia besar mengenai sistem sekolah terbongkar.

Dibantu oleh kemunculan mantan Presiden Ikatan Alumni, Bramantyo Sadewa, lima siswa superior yang tadinya bermusuhan kini sama-sama bertekad menyusun pemberontakan. Di tengah pertarungan melawan Direktur misterius, Kai. Res kenan. Ale. Aurora, dan lo juga masih harus bergelut dengan masalah keluarga, teman, bahkan kisah cinta.


Tentang Penulis

Ananda Puti adalah seorang mahasiswi Ilmu Komunikasi yang jatuh cinta pada dunia tulis-menulis sejak kecil. Perempuan kelahiran Jakarta, 22 Mei 2002 ini berdomisili di Kota Malang. Karya Putri bisa ditemukan di akun Wattpad: chocotwister dan Instagram @itschocotwister.


Ulasan Buku

A+ adalah novel teenfiction terbaik yang pernah aku baca, cerita ini bener-bener bikin aku berdecak kagum sama penulisnya bisa membuat cerita sekompleks ini. Keenam karakter utama cerita sangat kuat, bahkan sifat-sifat mereka berhubungan kerat dengan keluarga, masa lalu, dan cara tumbuh mereka. Bahkan saat penulis ngk menuliskan siapa yang berbicara, aku bisa tau siapa yang ngomong karena memang karakter tiap tokoh kuat banget.

Awal baca, aku nggak suka sama Aurora, dia itu sosok orang yang akan melakukan segala cara untuk mendapatkan peringkat 3 besar. Bahkan dia berhasil bikin Ale dan Kenan nggak bisa ikut ujian. Tapi saat tau alasan dia... Aku jadi simpati.

Novel ini banyak plot twist, tiap bab ada aja kejutan. Dan saat tau siapa Direktur Bina Indonesia, aku nggak bisa berkata-kata, bener-bener kaget. Penulisnya hebat banget! 

Hal yang aku suka dari Novel A+ adalah ceritanya ngk kayak buku fiksi remaja lainnya. Novel ini banyak angkat topik yang terjadi sekarang, seperti banyak anak yang dituntut mendapatkan peringkat di sekolahnya, padahal itu akan membuat mereka tertekan, cemas, dan tidak belajar dengan santai. Mereka cendurung akan melakukan apapun untuk mendapatkan peringkat, bahkan cara curang akan dilakukan jika orang tua terus-menerus menekan mereka, dan memberi ancaman jika mereka tidak mendapatkan peringkat atas, mereka di hukum dan sebagainya.

Selain itu, ada bagian yang paling aku suka banget, yaitu saat mereka memilih berontak dan menyusun rencana untuk menghilangkan sistem peringkat di SMA Bina Indonesia. Aku ikut deg-degan sendiri saat mereka menyusup diam-diam ke sekolah untuk mencari kunci jawaban. 

Kalimat yang paling aku ingat dan suka adalah ucapannya Re.


"Selama ini, lo semua selalu mikir gue lebih genius. Lo sendiri yang naruh batasan buat diri lo, lo sendiri yang ngatur limit buat otak lo. Lo sendiri yang mutusin kalau lo nggak akan pernah bisa lebih hebat dari gue." 

"Yang lo nggak tahu adalah genius itu bukan spesialiasi. Genius itu mindset."


Semua tokoh utama aku suka, karena mereka punya keistimewaan masing-masing yang akan bikin kita suka. 

Aku nggak suka sama Bu Nadia, dia kepala sekolah tetapi ngk bisa adil. Setiap ada masalah yang melibatkan anak yang berpengaruh, malah yang dihukum anak yang jadi korban.  

Endingnya puas banget, semua masalah selesai dan semuanya dapat kebahagiaan masing-masing. Dan kalian bakal dapet Epilog sama Extra Part yang pastinya memuaskan.


9.5/10


Review By Sdya

Komentar

Ferdy sambo mengatakan…
Keren min review nya mudah di pahami
Unknown mengatakan…
Keren banget lengkap dan mudah dipahami
Anonim mengatakan…
review nya sangat keren mudah dipahami ditunggu next review nya
Anonim mengatakan…
Bagus, ditunggu review berikutnya
Anonim mengatakan…
review nya bagus, mudah di pahami jugaa
Hlnvn mengatakan…
Review nya bagus, keren. Mudah di pahami dan juga lengkap
Unknown mengatakan…
Keren banget reviewnya, bahasanya ringan dan jadi penasaran sama ceritanya
Anonim mengatakan…
reviewnya bagus, mudah di pahami.
Unknown mengatakan…
keren banget sangat mudah dipahami
Anonim mengatakan…
KEREN BANGET OMYGTTTTTT DITUNGGU REVIEW SELANJUTNYA YAA
njmi mengatakan…
Simpel tapi tersampaikan. Penasaran, jadi pengen baca A+ jugakkk
Anonim mengatakan…
Keren banget reviewnya,simpel,mudah dipahami
Sfs mengatakan…
Wahh keren banget min reviewnyaa, sering-sering bikin yaa...kalau boleh request next review bukunya tere liye atau Ilana tan dongg, terimakasihh tetap semangattt mantap
Anonim mengatakan…
Keren reviewnya sangat mudah dipahami. Jadii mau baca lengkap ceritanyaa
Anonim mengatakan…
jadi penasaran nih buat baca ceritanya
Unknown mengatakan…
Reviewnya keren! Jdi penasaran baca cerita lengkapnya!
Anonim mengatakan…
KERENNN BANGETTT, jadii penasaran sama cerita lengkapnyaa
Anonim mengatakan…
keren review nya
Unknown mengatakan…
BAGUS KEREN banget di tunggu riview selanjutnya...
Unknown mengatakan…
BAGUSS & KEREN BANGETT
Anonim mengatakan…
Cerita A+ emang seseru ituu woy, keren abiss. Yang reviewnya juga mudah dipahami tapi sepertinya ada beberapa typo di paragraf 1, izin koreksi ya min...semangat di tunggu review buku selanjutnyaa
Anonim mengatakan…
Keren jd pgn baca novelnya
Anonim mengatakan…
keren banget min, lanjutkan
Anonim mengatakan…
KEREN BANGET NOVELNYA!!!
Unknown mengatakan…
Novelnya keren begeteeeeeee
Unknown mengatakan…
Wih gila sih novelnya
Anonim mengatakan…
aku dah baca ini dan emang seseru itu ceritanya🤩 yg mereview ini juga keren banget,mudah dipahami, ditunggu review novel berikutnya yaaa🙌
Anonim mengatakan…
reviewnya bagus sekali saya jadi tertarik sama bukunya, dan jadi pengen ikutan review jugaa hehe
Anonim mengatakan…
Plis cerita A+ tu emang seru banget, kalian wajib baca si, paling suka pas adegan pemberontakan yang sabotase soal ujian satu angkatan buat ngehapus sistem peringkat itulo, keren pake bngt si aaaaaaaaa, oiya gaes yg tertarik sama ceritanya tapi males baca tenang ajaaa, katanya si mau di flim in, jdi nanti waiting flim nya ajayaaa luv!
Anonim mengatakan…
Wah gilaa ini novel keren banget Lo seriuss, recommended bngt untuk di baca
Anonim mengatakan…
Wihh keren banget. Terus adanya review ini memudahkan kita buat lebih pahamin isinyaaaa
Anonim mengatakan…
Jujur ak blom baca bukunya tpi klo baca review yg ini, bikin tertarik buat baca bukunya deh, tpi keren bgt review nyaa.. Recomended bgt.. Keren abiezz

Postingan populer dari blog ini

NADRAN TRADISI CIREBON

Kegiatan In House Training (IHT)

Porseni 2022