Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila - SMK Negeri 1 Kedawung

 

Hi sobat kreatif!

     Kalian tau ngga sih? Pada hari Kamis, 1 Juni 2023, SMK Negeri 1 Kedawung telah melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila loh. Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 07.30 WIB s.d selesai, yang diikuti oleh seluruh Bapak/Ibu Guru SMK Negeri 1 Kedawung dan Ibu Sri Handayani, S.Pd, M.M selaku pembina dari upacara tersebut. Nah sobat, Upacara kali ini sedikit berbeda dengan upacara biasanya loh. Karena yang menjadi petugas Upacara nya adalah para Bapak/Ibu Guru SMK Negeri 1 Kedawung.


     

     Pancasila sendiri diambil dari kata "panca" dan "sila". Panca artinya lima, sedangkan sila artinya asas atau prinsip. Pada saat itu Bung Karno menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia, yakni Sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”.


   


Makna Hari Lahir Pancasila sendiri adalah sebagai momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan para pahlawan bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa dapat turut berpartisipasi di dalam peringatan Hari Lahir Pancasila ini dengan mengamalkan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


     


 Nah sobat, apa sih tujuan diperingati Hari Lahir Pancasila ini? Tujuannya adalah untuk memperkuat persatuan dan kesatuan, mengingat pentingnya Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai masyarakat Indonesia, menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda, serta mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air.



By Tim Bahasa 

Komentar

Anonim mengatakan…
Wahh membaca membuat pengetahuan bertambahh🙌❤️

Postingan populer dari blog ini

NADRAN TRADISI CIREBON

Kegiatan In House Training (IHT)

Porseni 2022