Review Buku ACHA GOODBYE


Identitas Buku 

Judul : ACHA GOODBYE 

Penulis : Yesycha Mangopo

Penerbit : Cloudbooks 

Tahun terbit : 2021

Jumlah halaman : 341


Tokoh

Acha/cia, Eca, Cakra, Bara, Arka, Devano, Riel.


Sinopsis

Anastachya Friska Breklin, panggil dia si gadis pembawa sial. Seorang gadis yang dikucilkan dari keluarganya dengan alibi untuk kesembuhan kembarannya.

Hal itu membuatnya kecewa. Ia merasa semua kebahagiaannya direnggut satu per satu darinya. Mulai dari keluarga sampai pada cinta pertamanya. Ia seakan dilahirkan hanya untuk menikmati kesakitan lalu pulang. Acha kecewa, Acha sakit, Acha capek, dan ingin pamit!!


Kesimpulan 

Jangan berbuat gegabah. Karena sesungguhnya hal itu bukan untuk menyelesaikan, tetapi menambah masalah dan pekerjaan. Berpikir sebelum berbuat, karena sesungguhnya penyesalan itu ada.

Sayangi semasih bisa. Cintai semasih ada. Karena  cinta dan sayangmu tidak akan ada gunanya ketika telah dia pergi. Penyesalan hanya sebuah pelengkap. Pelengkap yang menghancurkan. Menjadikan sebuah kejadian sebagai pembelajaran bukan sebagai perhentian.

Kepada para orang tua, jangan sekali-kali membeda-bedakan anak-anakmu. Bersikap adil lah karena mereka sama. Lahir dari rahim yang sama dan tumbuh dari ASI yang sama. Sedikit perlakuan yang tidak adil dari kalian, nyatanya menggoreskan ribuan luka yang teramat dalam. Susah memang, tapi itulah kenyataannya.

Kepada para anak. Jangan sekali-kali membangkang. Bagaimanapun, mereka adalah orangtuamu. Jika mendapati tindakan orangtuamu yang membedakan mu, tetap sabar. Mungkin hari esok atau nanti kamu berada di posisi yang sama. Jadikan semuanya pembelajaran, bukan skandal.

Hidup mengajarkan kita bahwa kaki teru melangkah bergantian. Ada saatnya berada di posisi tertinggi dan ada saatnya berada di posisi terendah sekalipun. Intinya tetap bersyukur apapun keadaan yang kita hadapi saat ini.


Pendapat dan saran

Pendapat saya novel ini sangat bagus, cerita yang banyak menginspirasi, membangun kekuatan diri agar selalu bertahan dalam keadaan apapun. Selalu bersyukur juga di setiap situasi. 

Saran saya penulis seharusnya jangan terlalu membebankan tokoh utama dengan masalah terus-menerus tanpa adanya kebahagiaan yang didapatnya.


Review By Sherena

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NADRAN TRADISI CIREBON

Kegiatan In House Training (IHT)

Porseni 2022