Hari Bahasa Ibu Internasional 2023 - SMKN 1 Kedawung


Hi sobat kreatif!

       Kalian tau ngga sih? Pada hari Selasa, 21 Februari 2023, SMK Negeri 1 Kedawung telah melaksanakan kegiatan Hari Bahasa Ibu Internasional.


       Hari Bahasa Ibu merupakan bahasa pertama yang dikuasi dan dipahami oleh seseorang saat dirinya pertama kali mengenal bahasa, serta belajar bicara sejak lahir melalui interaksi dengan semua anggota masyarakat.


      Mengapa peringatan ini diadakan ya? Adanya perayaan Hari Bahasa Ibu Internasional merupakan wadah agar orang-orang tahu ada begitu banyak bahasa di dunia dan dibutuhkan upaya lebih untuk melestarikan bahasa tersebut.


        Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Dewi Sartika, dari pukul 06.45 WIB s.d 09.00 WIB yang diikuti oleh seluruh Bapak/Ibu guru dan siswa/i SMK Negeri 1 Kedawung. 


       Adapun rangkaian dari kegiatan ini yaitu, apel pagi dengan pembina Ibu Sri Handayani S.Pd., M.M., yang menyampaikan amanat dengan bahasa sunda, kemudian dilanjut dengan beberapa penampilan dari siswa/i SMK Negeri 1 Kedawung, diantaranya yaitu penampilan dari GVOGK yang membawakan beberapa lagu, biantara oleh Ratu Pelangi (X LP 2), ngadongeng Malin Kundang oleh Ressa Fuji (XII AKL 1), pupuh oleh Aura Rivan Ramadhan (XII BDP 1), sajak oleh kelas X, jogregan oleh Nabila Suratno (XII AKL 1) dan yang terakhir penampilan sisindiran dari perwakilan kelas X AKL 3


     Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu, untuk melestarikan sekaligus melindungi  bahasa daerah yang telah digunakan sejak lahir, mencegah ancaman kepunahan pada sejumlah bahasa daerah, serta untuk mengingatkan akan kekayaan bahasa dan budaya kita.


By Tim Bahasa 

Komentar

rahmaaa mengatakan…
wahh pasti seru bgtt yaaa

Postingan populer dari blog ini

NADRAN TRADISI CIREBON

Kegiatan In House Training (IHT)

Porseni 2022