SMK Negeri 1 Kedawung Anti Narkoba


Narkoba merupakan akronim narkotika dan obat/bahan berbahaya yang terbuat dari bahan kimia maupun alami. Narkoba dapat mengubah keadaan psikologi seperti perasaan, suasana hati, serta perilaku jika masuk ke dalam tubuh manusia baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, disuntik, intravena dan lain sebagainya.

Begitu kita mendengar kata narkoba, yang ada dipikiran adalah zat-zat berbahaya, barang yang tidak boleh didekati, dan semua persepsi yang merujuk pada keburukan. Sebenarnya narkoba sangat dibutuhkan khususnya dibidang kedokteran. Narkoba menahan rasa sakit saat operasi, sebagai obat bius dan lain-lain. Tapi, karena banyak masyarakat yang menyalah gunakan narkoba maka persepsi bahwa narkoba itu buruk bagi kehidupan mulai muncul.

“Dampak utama dari narkoba adalah untuk kesehatan diri sendiri, sulit sekali keluar dari situasi itu jika tidak ada tekad yang kuat dari korban.” Tutur Ibu Wati. Dalam sosialisasi anti narkoba yang dilaksanakan pada hari Senin, 26 November 2018. Generasi Peduli Anti Narkoba atau yang biasa disingkat GPAN ini bertujuan membantu generasi muda untuk menjauhi narkoba. “Bila ada yang sudah terkena narkoba, GPAN hadir untuk membantu pelajar yang terkena narkoba, keluarganya, dan lain sebagainya supaya mau direhabilitasi sebelum ditangkap oleh petugas.” Tambahnya.


Narkoba sebenarnya tidak berbahaya selagi kita mengetahui manfaat dan bahayanya. Kebanyakan penyebab kecanduan narkoba karena coba-coba menikmati barang haram tersebut. Mempunyai banyak masalah, salah pergaulan, broken home juga menjadi alasan kenapa banyak pengguna narkoba. Ada tiga jalan hidup seorang pecandu narkoba. Pertama direhabilitasi, kedua mendekam di bui, ketiga mati. (hrs)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NADRAN TRADISI CIREBON

Kegiatan In House Training (IHT)

Porseni 2022