Pencata Tahun Ajaran 2023/2024

Hi sobat kreatif! 


       Kalian tau nggak sih? Pada 23-25 Agustus 2023, seluruh kelas X SMK Negeri 1 Kedawung telah melaksanakan Pencata (Penerimaan Calon Tamu Tegak). Nah, Pencata kali ini masih tetap sama seperti tahun sebelumnya yaitu bertempat di Yonif 321 Galuh Taruna, Majalengka.


     


       Pada Pencata tahun ini terdapat 18 Sangga Putra dan 49 Sangga Putri. Nah sobat, Pencata tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya loh, perbedaan nya yaitu pada sistem kepemimpinannya. Setiap sangga beranggotakan sebanyak 8 orang dan diketuai oleh 1 orang yang disebut Pemimpin Sangga (Pinsa), kemudian pada setiap 10 sangga dipimpin oleh 1 orang yang disebut RW, dan yang terakhir pada seluruh Sangga Putra dan Putri diketuai oleh 1 orang putra dan 1 orang putri yang disebut Lurah.


       Nah sobat, tentunya terdapat banyak sekali kegiatan yang dilakukan selama Pencata. Kalian pasti penasaran kan ada kegiatan apa saja? Jadi, beberapa kegiatan nya yaitu ada Hiking atau kegiatan berpetualang di alam terbuka, dimana terdapat berbagai pos yang mana pada setiap pos terdapat materi atau pertanyaan, seperti Peraturan Baris Berbaris (PBB), Teknik Kepramukaan (Tekpram), Cinta Tanah Air, dan Halang Rintang. Selain itu, masih banyak lagi kegiatan lainnya, seperti Mountaineering, Pengenalan Senjata, Senam Pagi, Api Unggun, Pentas Seni dan lain sebagainya.


       Setelah dijelaskan beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama Pencata pada 25 Agustus 2023, tepatnya pada penutupan kegiatan Pencata masih ada kegiatan lainnya loh. Nah, kegiatannya yaitu berupa pengumuman pemenang para sangga yang berhasil mendapatkan penghargaan berupa nominasi sangga terbaik, sangga terbersih dan ada juga pengumuman Pentas Seni terbaik, Yel-yel terbaik dan masih banyak lagi.

       Kalian penasaran ngga sih dengan para pemenang serta sangga yang mendapatkan penghargaan? Ini dia pemenangnya :


- Sangga Terbaik Putra : 

Sangga 13

- Sangga Terbaik Putri :

Sangga 39

- Yel-yel Terbaik Putra : 

Sangga 9

- Yel-yel Terbaik Putri :

Sangga 17

- Sangga Terbersih Putra :

Sangga 4

- Sangga Terbersih Putri :

Sangga 15

- Pentas Seni Terbaik :

 X DKV 2

- Pentas Seni Terbaik ke-2 : 

X AKL 4

- Peserta Terbaik Putra:

Aby Maulidina Asshiddiq

- Peserta Terbaik Putri:

Luciana Muzayyanah


     

      Selamat bagi para pemenang yang mendapat penghargaan! Bagi yang tidak mendapat penghargaan, jangan patah semangat ya!

       Oh iya sobat, kegiatan Pencata ini terdapat banyak manfaat dan tujuannya loh. Nah, tujuan diadakannya kegiatan Pencata yaitu untuk melatih kerjasama dalam sebuah tim, menumbuhkan jiwa kepemimpinan serta menumbuhkan rasa empati dan disiplin. 

        Adapun manfaat dari kegiatan Pencata diantaranya yaitu memupuk rasa percaya diri agar menumbuhkan sikap kemandirian, meningkatkan rasa bertanggung jawab, rasa kebersamaan, serta rasa persaudaraan.


By Tim Bahasa Gen 10

Komentar

Anonim mengatakan…
🤩🤩🤩

Postingan populer dari blog ini

NADRAN TRADISI CIREBON

Kegiatan In House Training (IHT)

Porseni 2022